by Vindy Ariella. Diberdayakan oleh Blogger.

Starry Starry Night


Pertama kali gw denger istilah “Starry Starry Night” yaitu saat gw nonton film The Runaways. Adegannya, Dakota Fanning merenung di dalem mobil sambil ngeliat keluar dari kaca jendela diiringi  lagu yang ada kata “Starry Starry Night”-nya. Rasanya pas liat adegan itu, kok lagunya pas banget di gw. Entah kenapa. Pas aja.

Setelah gw cari tahu lebih lanjut, ternyata lagu itu berjudul Vincent dinyanyikan oleh Don McLean. Bercerita tentang seorang seniman terkenal bernama Vincent van Gogh. Abis itu gw cari lagi tentang Vincent van Gogh. Ada lukisan karya dia judulnya “Starry Starry Night”. Entah kenapa juga gw ngerasa diri gw seperti ada didalam lukisan itu.


 Bisa dilihat pada gambar, gw mendeskripsikan lukisan itu kira-kira begini. Bongkahan batu hitam itu adalah diri gw. Yang kuat, kokoh, dan berdiri tinggi tegak. Kota di bawahnya adalah kehidupan gw. Walaupun gw batu yang kuat, kokoh, dan berdiri tegak, tapi sebenarnya di sisi lain pada batu itu ( sisi yang berlawanan dari sisi yang dilukiskan alias dibaliknya ), sebenarnya batu itu menunjukan ekspresi sedih karena rapuh. Hanya bisa berharap kepada bintang untuk mendapatkan ketenangan, karena pikirannya bergulung-gulung seperti awan di lukisan itu. Warna birunya juga gw banget. Antara kelam tapi indah.

Tapi memang iya loh, gw merasa sangat bahagia dan tenang saat melihat bintang. Pertama kali merasakan hal itu pas lagi di Bandung. Sayangnya cuma sebentar. Sedih banget waktu itu gak nikmatin bintang lama-lama. Abis sekarang susah banget nyari momen yang pas untuk ngeliat bintang. Pernah sampai gw hampir ketiduran di kebon belakang rumah karena keasikan lihat bintang.

Yang lucu, gw juga baru tau kalau si Vincent van Gogh itu bipolar juga. Ya gak tau sih ada hubungannya apa nggak. Tapi kalau gw sih ngerasa sehati aja kaya dia. Nah lirik lagu yang dinyanyikan Don McLean itu juga gw banget. Rasanya kaya Don McLean nyanyi untuk gw. Ini kutipannya..

Now I understand what you tried to say to me,
How you suffered for your sanity,
How you tried to set them free.
They would not listen, they did not know how.
Perhaps they'll listen now.

For they could not love you,
But still your love was true.
And when no hope was left in sight
On that starry, starry night,
You took your life, as lovers often do.
But I could have told you, Vincent,
This world was never meant for one
As beautiful as you.

Gw sih Alhamdulillah Cuma kepikiran untuk bunuh diri doang. Gak sampai gw coba. Semoga aja nggak ya. Well, intinya gw suka deh sama lukisan dan lagu ini.

Oh iya, satu lagi yang menurut gw lucu. Pas nyokap gw lagi hamil gw, dia ngefans banget sama Sinead O’Connor. Kalau ditanya alasannya jawabannya gak tau. Pokoknya ngefans. Dan ternyata oh ternyata, si Sinead O’Connor itu bipolar juga. Kebetulan atau…?