by Vindy Ariella. Powered by Blogger.

Mencintai Diri Sendiri


Aku seorang penderita bipolar. Hidupku berubah setelah aku didiagnosis dengan gangguan ini. Hari-hariku jadi penuh perjuangan. Moodku naik turun tidak karuan. Kadang amarah menghampiriku tanpa bisa dikontol. Inilah aku. Haruskah aku mencintai diriku ?



Well, mungkin nggak cuma gw yang bertanya pantaskah gw mencintai diri gw yang 'sakit' ini. Bagaimana jawabannya ? Jelas-jelas tuhan memberikan gw cobaan dengan penyakit gw. Jelas-jelas hidup gw jadi menderita dengan penyakit / gangguan ini. Jelas-jelas hidup gw berubah. Masa gw harus cinta dengan diri gw yang menyedihkan ini..

Kalau jawaban gw, mau nggak mau, ya harus dicintai. Inilah diriku.. Beberapa alasannya adalah,

# Masih Banyak yang Lebih Menderita

Ya, diatas langit memang ada langit. Nah dibawah tanah tempat kita berpijak juga masih ada tanah. Lihatlah kebawah. Bagaimana dengan orang yang cacat seumur hidup, buta, tuli, bisu, retardasi mental, down syndrome, kesulitan ekonomi, yatim piatu, dll. Lihatlah dimana dirimu berada. Dunia ini luas. Begitu banyak orang menderita. Jangan merasa dirimu bagaikan orang yang paling menderita di dunia ini..

# Inilah Pembelajaran Untukmu, Bukan Cobaan

Gangguan jiwa memang bisa dibilang cobaan bagi orang yang menderita, keluarganya, dan lingkungannya. Tapi, kalau selamanya menganggap ini adalah cobaan, bagaimana kita bisa keluar dan bangkit.. Cobalah untuk menjadikan gangguan jiwa sebagai pembelajaran. Dengan menderita gangguan jiwa, aku menjadi bersyukur dengan hidupku, bisa mengingatkan orang sekitarku untuk menggunakan akal pikiran dan perasaannya baik-baik. Dengan menderita gangguan jiwa, aku lebih dekat dengan tuhanku. Dengan menderita gangguan jiwa, aku jadi lebih peduli dengan orang yang senasib denganku, yang tadinya mungkin pernah kuanggap rendah. Dengan menderita gangguan jiwa, aku bisa menjadi pembelajaran bagi orang yang normal. Bukankah aku banyak belajar dari gangguan jiwa yang kuderita ? Bukankah aku masih bermanfaat ? Jadi apakah semua ini cobaan yang tak akan berakhir ? Tidak kan..

# Semua Ada Pada Dirimu

Psikolog dan psikiater telah sepakat menyetujui bahwa sebenarnya kita bisa memprogram otak kita dan tubuh kita sendiri. Misalnya, dengan optimisme dan kepercayan untuk sembuh yang kuat, seorang penderita kanker bisa survive. Sama halnya dengan gangguan jiwa. Kita bisa menjadi seperti apa yang kita mau. Semua berhubungan dengan 'Law of Attraction' alias hukum tarik menarik yang ada di alam ini. Begitu pula otak kita. Saat kita mengatakan sembuh berulang-ulang dengan optimisme dan kepercayaan, maka otak akan memperoses diri kita untuk sembuh. Jadi, jangan katakan yang jelek-jelek untuk dirimu. Cintailah dirimu.. Ucapkan yang baik-baik untuk dirimu sejelek dan seburuk apapun kamu. Semua ada dalam pikiranmu..

# Inilah yang Terbaik Untukmu

Ya, Tuhan tau yang mana yang baik untukmu. Tuhan yang maha sempurna telah membuat skenario hidupmu yang tertulis dalam qodho dan qodhar. Ada beberapa yang bisa diubah. Maka jangan membenci tuhanmu atas kenyataan yang kau terima. Cobalah berdamai dengan kenyataan sambil pelan-pelan merubahnya kearah kebaikan. Yakinlah Tuhan melihat usaha dan doa anda..

Lantas, setelah membaca beberapa alasan diatas, semudah itukah aku mencintai diriku ? Tentu tidak. Aku melalui proses panjang sampai pada akhirnya aku bisa menerima dan mencintai diriku apa adanya. Semua memang tidak mudah. Disaat depresi, hal yang kutulis ini adalah omong kosong. Tapi disaat aku sedang merasa baik, aku menerapkan apa yang aku tulis ini. Sampai akhirnya otak aku terbiasa dengan hal yang positif. Jadi disaat depresi datang, aku tak lagi menganggap ini omong kosong. Kira-kira 1,5 tahun aku menjalani proses ini sampai akhirnya aku bisa bersyukur dan menerima diriku. Dengan begini, aku bisa lebih mudah untuk bangkit dan keluar dari penyakitku. Begitu pula dengan anda. Tak usah bayangkan hasil yang besar dan proses yang panjang. Fokus saja terhadap apa yang anda jalani hari ini. Berpikirlah positif selagi anda bisa. Manfaatkan sebisa mungkin kondisi anda yang sedang sehat. Sehingga disaat sakitnya muncul, anda bisa kembali bangkit. 

Jangan putus asa, dan lakukan dari sekarang. Lihat hasilnya. Percayalah.. Semoga bermanfaat. : )