by Vindy Ariella. Powered by Blogger.

Curhat ( 29 )

5 minggu di koas stase THT berakhir sudah. Mmmm tentang ujian gw gak tau nilainya apa. Soalnya dapet ujian sama dokter yang rada pelit nilai. Ya terima yang terbaik aja lah. Lulus juga udah sukur. Abis ini gw langsug lanjut ke stase anestesi. Kerjaannya bius-bius orang saat operasi. Sebenarnya seru, tapi agak membosankan. Semoga gw gak tiba-tiba resah karena bosen ya.. 

Weekend natal ini gw pergi pulang kampung ke Purworejo. Hari Jumat siang selesai koas gw berangkat. Sampe sana Sabtu subuh. Well, gw gak betah disana.. Selama perjalanan gw aman-aman aja. Gak bosen. Gak resah. Tapi entah kenapa setelah sampai dirumah saudara gw tempat gw menginap, perasaan gw mulai nggak enak. Awalnya gw masih bisa mengatasi. Masih bisa tidur pulas sampai jam 10-an. Abis itu sarapan, mandi, dan pergi nyekar ke makam mbah gw. Nah abis itu gw bosen. Nonton tv, dengerin musik sambil tiduran, dan puncaknya pas maghrib gw bosen gak tertahankan. Akhirnya gw ngambek minta pulang. Tadinya nggak dikasih sama nyokap. Gw tambah ngamuk kaya anak kecil. Narik-narikin baju nyokap, masih gak dikasih juga ahirnya gw nyakar-nyakarin nyokap gw. Sadis yah. Entahlah saat itu gw bener-bener kepikiran cuma pengen pulang. Akhirnya nyokap gw luluh dan malam itu juga abis Isya kita pulang.

Aneh ya. Gw nggak ngerasa bersalah dengan kejadian itu tuh.. Padahal gw bikin bu'le gw kecewa karena nganggep gw gak betah tinggal dirumahnya. Mestinya gw malu dong. Tapi saat itu yang kepikiran cuma pulang. Hmmm yasudahlah. Semoga di lain waktu gw bisa lebih sabar, bisa menerima keadaan, dan melawan keinginan yang tidak tepat.

Takutnya, gw ngerasain hal kaya gitu lagi pas koas. Selama 5 minggu kemaren di THT sih lancar. Tapi kan di anestesi rada ngebosenin. Nggak tau deh bakal bisa bertahan apa nggak.. Harus bisa. Semoga bisa. Amiiin. Doakan gw selalu ya.. Gw doakan juga kalian semua yang bipolar bisa kontrol penyakitnya. : )

Curhat ( 28 )

Minggu keempat koas stase THT akan berakhir. Itu artinya gw akan ujian minggu depan. Fiuuuh.. Doakan gw sukses dan dapat nilai memuaskan ya.. Amiiin.

Btw, kemaren gw abis flashback curhatan gw disini, curhatan gw di laptop, dan curhatan gw di ipod. Capek juga bacanya. Banyak soalnya.. Haha. Gw jadi sedih sendiri kalau nginget masa-masa dimana gw ingin kuliah normal seperti temen gw lainnya tapi depresi melanda. Lelah saat diskusi, kuliah, dan berjuang untuk ujian. Masa dimana gw tiba-tiba resah di malam hari dan nyakarin atau ngelukain tangan gw. Masa dimana gw nelen obat banyak-banyak tanpa bisa mikir bahayanya. Mostly yang menyedihkan dikala depresi sih. Kalau lagi hipomanik paling keluhannya ya gak bisa tidur aja.

Gw nggak pengen merasakan hal itu lagi. Sedih banget rasanya.. Nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata deh gimana perasaan gw saat membacanya.  Menderita. Betapa beratnya fase hidup yang harus gw lewati saat itu. Dimana gw harus berperang melawan bipolar ditengah pencapaian cita-cita gw untuk menjadi dokter. Pokoknya sedih banget deh.

Gw bersyukur gw masih hidup di dunia ini dan bisa koas. Beryukur gw gak mati disaat gw menelan obat banyak-banyak. Bersyukur masih diberikan pertolongan dokter yang tepat. Alhamdulillah gw bisa melewati masa-masa menyedihkan itu dan bertahan hingga sekarang. : )

Sekarang hidup gw jauh lebih berkualitas dibanding masa-masa itu. Gw tidak lagi merasakan hipomanik atau depresi. Gw bisa bertahan koas. Tapi gw gak tau apakah hipomanik dan depresi gw bakal muncul lagi apa nggak. Harapan gw tentu gw pengen hidup normal aja. Tapi who knows. Obat sih tetep minum, konsul ke psikiater juga rutin. Tapi hanya Allah yang punya rencana. Semoga gw sehat. Amiiin.

Buat teman-teman diluar sana yang masih berjuang melawan bipolar, semangat ya ! Semua akan indah pada waktuya. Kalau tidak di dunia ya semoga di akhirat. Jangan menyerah. Tetap semangat walaupun depresi melanda. *yeah i know it's hard* tapi trust me, suatu hari kalian akan bisa tersenyum mengenang perjuangan kalian yang berat. Oke ? : )

Curhat ( 27 )

Hello! Alhamdulillah ya sesuatu banget gw udah masuk koas minggu ke-3. Gw bangga dengan diri gw yang bisa bertahan sejauh ini. : ) *sombong dikit boleh laah* Minggu pertama gw masih penyesuaian dan waktu berjalan sangat lambat. Minggu kedua gw mulai terbiasa dengan rutinitas koas. Tak terasa waktu berjalan begitu cepat dan gw sudah masuk minggu ke-3.

Sedikit cerita tentang rutinitas gw, pagi gw datang sebelum jam 7. Lalu ngobrol sama teman atau memeriksa temen sendiri ( kaya main dokter-dokteran ) sampai dokter konsulen datang jam 8. Selanjutnya liat dokter memeriksa pasien. Kadang kita juga ikutan meriksa. Kalau lagi gak ada pasien, biasanya kita kaya dikuliahin sama konsulen. Dengerin konsulen ngomong kadang bikin gw ngantuk sih. Hehe. Selanjutnya kalau ada tindakan khusus ya kita ikut liat. Jam 12-an konsulen pulang dan kita pun pulang.

Memang sih stase THT ini gak berat seperti stase besar ( bedah, obgyn, anak, penyakit dalam ). Jadi gw menjalaninya juga lebih enjoy. Inilah yang terbaik yang diberikan Allah. Stase pertama gw yang nggak berat. Alhamdulillah..

Well, yang gw keluhkan saat ini adalah kepekaan gw yang berkurang. Gw nggak bisa nangis, nggak bisa tertawa terbahak-bahak, nggak bisa merasakan iba kalau ngeliat pengemis atau nenek-nenek dijalan yang kondisinya menyedihkan, dan kurang peduli sekitar. Gw masih dataaaar aja. Kayaknya kalau ada gempa gede juga  gw tenang aja deh. Udah gitu muka gw juga gak ada ekspresinya. Kaya orang gak punya gairah hidup kalau kata temen gw. Bahayanya, kalau gw gini terus, konsulen THT gw bisa menilai gw buruk. FYI, kalau ujian ntar attitude termasuk penampilan umum dinilai juga loh. Lah kalau gw datar kaya orang gak ada gairah hidup bisa dinilai buruk sama konsulen ntar.. Apalagi empati gw ke pasien juga kurang. Sebenernya gw pernah mendiskusikan ini dengan psikiater gw. Katanya memang harus dilatih perlahan. Misalnya kalau lagi nonton sinetron dicoba ngerasain apa yang lagi gw tonton biar empati gw muncul. Gw sudah coba tapi belum berhasil. Ya begitulah. Nanti gw akan diskusikan lagi tentang hal ini ke psikiater gw. Atau mungkin ada teman disini yang ngerasain hal yang sama dengan gw ? Bisa di share..

Sekian dulu update dari gw. Doakan gw sukses koas ya.. : ) Thanks.