by Vindy Ariella. Powered by Blogger.

Bahayanya Overdosis Obat

Sebelumnya gw pernah menuliskan kisah gw overdosis obat disini. Mulai dari yang nggak berefek sampai yang membuat gw terkapar di RS. Maksud gw menuliskannya, untuk share bagaimana rasanya overdosis obat itu. Menderita, menyakitkan, memalukan, dan banyak hal negatif lainnya. Dan juga untuk menggambarkan kalau seorang penderita bipolar dengan masalah pengendalian impuls bisa melakukan tindakan bodoh seperti minum obat banyak-banyak. Tapi tetap, minum obat banyak-banyak nggak ada manfaatnya sama sekali. Memang rasanya puas disaat menenggak obat itu banyak-banyak untuk melupakan masalah atau mungkin ada yang untuk bunuh diri. I know the feeling. Tapi coba pikirkan lagi efek yang timbul dari belasan bahkan puluhan butir obat yang kamu telan. Diriku sendiri pernah hampir meninggal gara-gara obat itu. Dan sekarang lambungku jadi banyak lukanya karena obat itu juga. I do understand how you feel. Gw ngerti disaat kamu merasa putus asa dan ingin bunuh diri. Merasa tidak diperhatikan sehingga rela melakukan hal bodoh untuk mendapatkan perhatian. Ingin melupakan masalah dengan melampiaskannya ke obat-obatan. Gw ngerti semua itu. Gw pernah mengalami semua itu. Tapi melalui post ini, gw mencoba meyakinkan kalau hal-hal negatif seperti meminum obat banyak-banyak atau mencoba bunuh diri dengan cara lain itu dampaknya sangat berbahaya dan negatif untuk diri sendiri serta lingkungan kita. Carilah pertolongan sedini mungkin jika muncul keinginan untuk melakukan tindakan-tindakan yang sudah gw sebutkan seperti minum obat banyak-banyak. Sekali lagi, carilah pertolongan. Jika benar-benar nggak tahu harus minta tolong siapa, email gw ke hypomania.depression@gmail.com gw akan membantu sebisa gw. Karena manusia itu nggak bisa hidup sendiri. Jadi jangan malu untuk meminta pertolongan, sememalukan apapun kasusmu. Lebih baik kamu menceritakannya sekali lalu mendapat pertolongan walaupun malu daripada harus mati gara-gara overdosis obat. Namamu akan dikenang dengan cara yang buruk dan jauh lebih memalukan. 

Sekedar share, memang tidak mudah prosesnya sampai gw bisa berkata seperti ini. Gw yang tadinya entah kenapa merasa puas dan berkeinginan minum obat banyak-banyak disaat resah atau sedang ada masalah, sekarang sudah tidak merasakan keinginan aneh itu lagi. Semua itu karena gw sadar gw butuh bantuan. Gw patuhi apa yang psikiater gw katakan, gw ikuti arahan keluarga gw, gw minum obat yang diberikan psikiater sesuai dosis. Dan syukur alhamdulillah gw sudah tidak pernah berkeinginan untuk melakukan tindakan aneh yang merusak diri sendiri seperti minum obat banyak-banyak atau melukai diri. Beruntung kalian yang membaca post ini, bisa menyadari bahwa bantuan sedini mungkin bisa merubah keadaanmu seiring berjalannya waktu. Gw sendiri harus benar-benar melewatinya sampai bisa berkata seperti ini. Bersyukurlah. Apapun masalahmu, jangan malu untuk meminta pertolongan.. 

Well, gw ngepost ini karena berhubung blogger berubah jadi versi baru, dan di fitur barunya ada bagian dimana gw bisa mengetahui keyword apa yang orang ketik sampai akhirnya menemukan blog ini. Dan salah satu yang tertera di keyword itu adalah, "obat apa yang harus diminum agar overdosis". Gw nggak pengen ada orang yang sedang putus asa, nyari di internet obat apa yang harus diminum agar overdosis, lalu nemu blog gw, dan beli obat yang gw minum, lalu ikutan overdosis. Gw nggak terpikir sama sekali bahwa bisa terjadi kemungkinan seperti ini. Benar-benar nggak bermaksud seperti ini. Makanya gw menuliskan post ini.. Semoga sadar ya.. Sekali lagi, kalau merasa ada masalah yang membuat kualitas hidupmu menurun, kegiatan sehari-harimu terganggu, jangan malu untuk cari pertolongan. Ok ? : )

Ini email gw sekali lagi gw tulis untuk yang mungkin butuh bantuan, hypomania.depression@gmail.com