by Vindy Ariella. Powered by Blogger.

Terapi Seni : Yoga Dengan Pulpen ?



Memangnya bisa ya yoga dalam bentuk menggambar ? Bisa dongs. 
Gimana ? Baca penjelasan berikut ini.. : )

Pernah dengar istilah doodling ? Kalau di Indonesia biasanya bentuk doodling banyak yang berupa monster-monster lucu, tulisan, atau benda-benda dalam keseharian kita. Nah, dalam terapi seni ada yang disebut dengan zentangle. Menurut terapis seni Cathy Malchiodi, PhD, LPCC, LPAT, ATR-BC, REAT *gw juga ga tau ini kepanjangan gelarnya apa aja*, zentangle memiliki banyak manfaat. Sebelum membahas manfaatnya, mari bahas apa itu zentangle.

Pada intinya, zentangle adalah membuat sebuah pola berulang yang bervariasi, biasanya cukup menggunakan pulpen, spidol, atau drawing pen warna hitam diatas kertas putih. Tahapan membuatnya bisa diawali dengan menggambar kotak ukuran 8-10 cm. Lalu mengisi kotak itu dengan kombinasi titik, garis, bentuk bebas menjadi sebuah pola tertentu, sampai satu kotak tersebut penuh. Setelah itu bisa membuat kotak lain. Contohnya sepertni ini.

Zentangles, C. Malchiodi, © 2014

Ternyata, setelah diteliti *dan cobain sendiri*, menggambar zentangle ini bisa memberikan efek menenangkan, mengurangi pikiran yang muter-muter, mengurangi stress, bisa untuk relaksasi, dan melatih mindfulness seperti saat meditasi dan yoga.

Mindfulness sendiri adalah kondisi menyadari bahwa kita berada di detik ini dan fokus serta menikmati setiap detiknya, sehingga tidak fokus pada pikiran-pikiran menyangkut masa lalu atau terlalu khawatir dengan masa depan.

Hubungannya dengan zentangle, saat membuat zentangle kita fokus dengan pola yang sedang kita buat, melupakan sejenak pikiran-pikiran yang mengganggu. Manfaatnya kita bisa lebih relaks. Bisa lebih terasa manfaatnya jika kita menikmati proses pembuatan zentangle ini tanpa banyak berpikir takut salah, hasilnya akan seperti apa, dsb. Nikmati saja setiap goresan yang muncul dari intuisi dan rasakan ketenangan jiwa yang timbul.

Pada awalnya mungkin masih bingung mau menggambar apa, bisa cari ide dari berbagai sumber di google. Nanti lama-lama bisa lebih kreatif juga menciptakan sendiri polanya.

Sebenarnya aplikasinya bisa jadi lebih luas juga sih. Kalau pengalaman gw dulu, gw beli buku mewarnai anak TK yang gambarnya apel, bebek, dll lalu jika anak TK diwarnai begitu saja, gw sebagai seorang dewasa mengisi bentuk apel dan bebek itu dengan zentangle. Sayangnya itu buku hilang dan belum sempet di scan gambarnya. Hiks.

Pengalaman lagi, gw sudah cukup sering bikin zentangle walaupun polanya lebih sederhana dan gw kombinasi dengan konsep keseluruhan yang menggambarkan isi hati gw. Manfaatnya, itu yang tadinya gw pengen marah-marah, makan orang, senggol dikir bacok, dengan "melemparkan amarah" itu ke kertas dengan spidol gw bisa kalem kaya abis creambath di salon *sorry ga lucu*. Dan bikin zentangle itu simple, cuma perlu kertas sama pulpen juga bisa. Pulpen 2000 perak, kertas bekas bon aja juga bisa haha. Ini contoh gambar gw :


Seru ya ? Seru dong hehe.
Yuk silakan dicoba dan rasakan manfaatnya.. : )


Referensi :
https://www.psychologytoday.com/blog/arts-and-health/201403/calm-down-and-get-your-zentangle
http://www.thehindu.com/life-and-style/fitness/v-priya-says-zentangle-is-a-great-stress-buster-for-the-old-and-young-alike/article18473914.ece