by Vindy Ariella. Diberdayakan oleh Blogger.

Mencoba Menulis


Hai. Pengen cerita dikit. Tentang minat menulis gw.

Jadi ceritanya, kata mama sejak gw TK, guru gw suka bilang Vindy itu bagus tata bahasanya. Saat itu ya namanya anak TK gw ga ngerti-ngerti amat. Pas kelas 5 SD barulah mulai muncul minat menulis. Gw lupa dapat wangsit atau ide dari mana, yang gw inget pas kelas 5 SD itu gw buat buku kumpulan cerpen tulis tangan di buku tulis. Isinya ada beberapa cerpen (yang mungkin saat itu gw anggap bagus). Terus dibaca sama temen gw katanya bagus, akhirnya banyak temen sekelas gw yang ngikut bikin, jadi trendsetter gitu. Lucunya, cerita mereka itu ngikutin cerita gw, cuma beda nama tokoh doang hahaha. Ya namanya juga anak SD.

Sayangnya, minat menulis gw ga dilanjutin karena sibuk. Paling nulis kalau ada tugas di pelajaran Bahasa Indonesia aja. Itu udah seneng banget ngerjainnya hehe. Sampailah pas kuliah kedoktran sama sekali ga ada unsur tulis-menulis bebas, yang ada menulis ilmiah. Akhirnya bener-bener ga ke explore.

Lalu, setelah gw didiagnosa bipolar, gw mulai berpikir untuk kembali menulis dan jadilah blog ini. Awalnya ini blog anonim dan gw curhat seenaknya karena mikir ga ada yang tau gw siapa. Terus setelah akhirnya mendirikan BCI dan mengaku di sosmed, mau dihapus curhat ngablu gw sayang. Akhirnya ya gw keep ampe sekarang. Ternyata bermanfaat juga untuk mengingat riwayat masalah kejiwaan gw.

Back to nulis, ternyata menulis di blog menyenangkan. Bisa ungkapin apa isi hati tanpa mikir banyak. Saat itu memang niat gw menulis bukan buat yang indah-indah. Lebih ke free writing untuk terapi. Jadi ya begitulah adanya.

Disamping itu, kadang kalau lagi galau malam-malam gw suka sok-sokan puitis gitu. Gw nulis puisi, pemikiran, kutipan, sajak, dll. Kalau lagi merasa terinspirasi juga suka gw tulisin. Nah setelah gw bongkar-bongkar lagi itu tulisan selama 11 tahun, ternyata pas dilihat lumayan bagus juga haha. Akhirnya sekarang mau gw bukuin dan terbitkan. Masih nyari penerbit.

Selain itu, gw juga pernah nulis kisah hidup gw dan diterbitkan sendiri dengan judul Dua Sisi Dalam Diriku. Cuma nyetak 50 eksemplar dan sudah sold out. Mau nyetak lagi ragu karena ceritanya terlalu personal. Dulu nerbitin impulsif aja.

Sebelum mama meninggal, gw sempet tunjukkin kumpulan tulisan itu untuk dibaca mama. Dan beliau bilang sepertinya bakat dan jalan hidup gw adalah menulis. Selain kumpulan tulisan, mama juga suka baca caption2 instagram atau post facebook gw. 

Jadilah sekarang gw mencoba untuk menulis. Masih jauh banget dari kata bagus atau profesional. Jauuuuh banget. Semakin gw membaca banyak referensi buku, semakin merasa gw ga ada apa-apanya hehe. Jadi termotivasi untuk belajar lebih banyak. Cuma saat ini agak stuck ga bisa nulis gara2 corona entah kenapa jadi ga ada semangat berkarya. Bosen kali ya dirumah terus ga bisa nulis cantik di kafe supaya inspirasi ngalir. 

Sebagian tulisan gw post di instagram dan ada juga yang gw tulis di wattpad. Berikut link-nya :


Ya saat ini memang niat gw mencoba peruntungan di dunia menulis. Ga tau sih bakal berhasil apa nggak. Gw hanya berpegang pada kata-kata terakhir mama, tentang yang gw jalannya ada di menulis. Semoga aja emang bener bisa sukses. Tapi bukan berarti gw stop kegiatan lainnya. Gw masih ngurus BCI, masih ngerjain design dan gambar2.

Well, wish me luck guys. Udah ah sekian updatenya. :)

Maafkan kalau ga bermanfaat. Jangan lupa mampir baca tulisan gw ya. Thank you so much.