by Vindy Ariella. Diberdayakan oleh Blogger.

Hidup Sehat Yuk!

 




Hello, gimana kabar kalian selama pandemi ini guys? Udah lama juga ya kita sama-sama berjuang menjalani hidup selama pandemi. Banyak duka atau suka nih? Kalau gw, tentu ada keduanya. Dukanya ya ga usah ditanya. Mood berantakan, ga bisa jalan-jalan, kesepian, dll. Sukanya, gw ternyata jadi punya banyak waktu untuk mencoba hal baru yaitu olahraga. Kali ini gw akan cerita proses mulainya hidup sehat gw.

Jadi, di post sebelumnya gw menuliskan bahwa gw sempet dirawat di bangsal jiwa RSCM karena kambuh depresi. Nah karena gw obesitas, jadi gw dikonsulkan ke bagian gizi selama dirawat. Saat itu dilakukan assesment dan pemeriksaan mengenai status gizi gw. Jujur saat itu gw berantakan banget. Obesitas, ga mikirin BB karena merasa hopeless ga akan bisa kurus atau lebih sehat. Tapi Alhamdulillah gw dipertemukan dengan dokter gizi yang baik hati. Jadilah selama perawatan pola makan gw diatur sesuai kebutuhan kalori. Selama 2 minggu dirawat, gw berhasil menurunkan BB sebanyak hampir 3 kg. Gw sangat amat tidak menyangka.


Selama ini gw terjebak dalam pemikiran kalau minum obat psikiatri itu susah nurunin BB, bahkan sempet ada pemikiran bahwa bodo amat gw obesitas siapa tau nanti bisa mati muda (ini muncul pas depresi karena keinginan suicide tinggi). Sejak dirawat, Tuhan semacam ngasih jalan dan bukti bahwa sebenarnya gw mampu, asalkan mau. Dan disitulah 'aha' moment gw untuk berubah jadi lebih sehat.


Setelah pulang, dokter gizi ini masih mantau gw lewat WA. Gw dikasih arahan porsi makan yang seimbang dsb. Setiap hari minggu laporan sama dia. Gw juga disarankan untuk olahraga teratur. Saat itu gw hanya mampu ngikutin video youtube olahraga sederhana durasi 15-20 menit. Itu aja udah ngos-ngosan keringetan polll. Setelah 1-2 minggu mulai terbiasa, gw cari video lain yang menarik dan durasi serta gerakannya lebih kompleks. Gw rutinkan olahraga 5x seminggu. Sampai akhirnya gw bisa bertahan dan menikamti olahraga.


Kalau kata dokter, membentuk pola hidup itu minimal rutin dilakukan 2 bulanan lah. Dan gw berhasil melalui 2 bulan itu. Membentuk pola makan yang lebih baik dan olahraga. Jadi semakin kesini walaupun banyak hambatan, untuk balik ke pola sehat lebih mudah karena sudah terbentuk.


Ini link video yang biasa gw pake untuk olahraga.







Selama 6 bulan gw coba usahakan pola makan sehat dan olahraga pake video-video diatas. Tapi namanya usaha ya, ada aja cobaannya. Gw sempet kena serangan psikosomatis yang bikin sakit kepala, berdebar, mual-mual, dll. Sampai ke dokter jantung dll segala. Jadi diet berantakan dan olahraga juga berkurang. Setelah sebulan reda, lalu gw mulai lagi untuk hidup sehat.


Di bulan Maret, gw merasa sudah saatnya olahraga gw improve. Jadilah gw hire personal trainer bareng sama adek gw. Jadi kami latihan berdua sama PT 2x seminggu dengan durasi 1 jam. Ternyata seru banget. 6 sesi pertama masih latihan beban aja dengan berbagai gerakan. Lalu selanjutnya digabungin dengan Muay Thai. Tentunya porsinya disesuaikan dengan kemampuan badan gw ya guys. Semua low impact no jumping.


Hasil dari kombinasi olahraga dan pola makan lebih sehat adalah gw sudah berhasil nurunin 23 kg so far (saat nulis blog ini) dalam 10 bulan. Mungkin proses yang lamban. Karena hambatannya banyak. Khususnya moodswing, trigger, dan perubahan obat2an yang gw minum bikin laper mulu. Belum lagi masalah fisik yang possible terjadi seperti kaki gw sempet cedera. Tapi gw ga nyerah. Makan sempet berantakan, olahraga ga jalan, cuma kata PT gw inget-inget apa yang jadi motivasi awal melakukan hidup sehat. Jadilah gw usaha lagi. Beberapa bulan ini gw akui lamban banget prosesnya. Cenderung stuck. But it's ok, I won't give up. Itu yang paling penting.


Jujur, diet gw ga ribet kok. Hanya mengikuti porsi arahan dokter dan olahraga. Masih makan karbo, lemak, protein, sayur, buah, cemilan. Porsinya gw masih makan 5x, dibagi dalam 3x makan utama dan 2x snack. Makannya juga masih enak. Kadang gw perlu comfort food jadi masih sesekali makan junkfood atau yang ga sehat. Karena gw masih merasa craving for food gw tinggi kalau lagi banyak masalah. Dan kata dokter gw asal bisa back on track dan ga berlebihan ga masalah. Well, gw memang belum bisa 'sesehat' itu. But I'm on my way there.


Kondisi sekarang, memang masih banyak BB yang harus diturunkan. Ga mudah, apalagi gw masih minum obat psikiatri. Tapi kalau ada usaha insyaallah ada jalan kok. Selamban apapun itu, tetap merupakan proses.


So, gimana menurut teman-teman? Ada yang punya pengalaman serupa selama pandemi bisa hidup lebih sehat? Selain ke fisik, manfaatnya juga ke mental loh. Mood gw kalau swing udah ga separah dulu. Durasinya juga lebih singkat. So far kekambuhan episode depresi atau manik yang serius ga ada lagi. Imunitas juga jadi lebih kuat ga gampang sakit. Bisa lebih meningkatkan kepercayaan diri, merasa menghargai diri sendiri atas keberhasilan yang dicapai. Banyak lah manfaatnya.


Kalian mau coba? Start small aja yang penting konsisten. Semangaaat! :)