by Vindy Ariella. Diberdayakan oleh Blogger.

Jawaban

Beberapa hari yang lalu gw ngeliat post di curhatkita.blogspot.com tentang bipolar. Ini jawaban gw tentang post itu..

2 Pertanyaan Tentang Bipolar Yang Belum Terjawab Tuntas

Dalam ilmu psikiatri, faktor penyebab gangguan jiwa itu banyak dan kompleks. Nggak bisa dinilai dari satu aspek saja. Ada beberapa faktor diantaranya, bawaan lahir ( genetik ), kelainan saat lahir ( kurang oksigen misalnya.. ), budaya, kepribadian yang terbentuk sejak kecil, dan beban psikosoial penyebab stres.

Bipolar akan tetap ada dalam diri penderitanya walaupun sudah normal. Dengan obat-obatan, aktifitas sosial / olahraga, kegiatan spiritual, dan psikoterapi, bipolar bisa sembuh dan penderitanya normal. Istilahnya remisi total. Tapi kemungkinan untuk kambuh tetap ada. Makanya disebut gak akan bisa hilang. Bedanya dengan skizofrenia, kalau skizofrenia gejalanya akan tetap ada walaupun ringan. Istilahnya remisi parsial.

http://curhatkita.blogspot.com/2010/12/apakah-bisa-mengontrol-bipolar-tanpa.html

Apakah Bisa Mengontrol Bipolar Tanpa Obat

Menurut saya mungkin saja bisa. Tapi perlu diingat kemungkinan kambuh tetap ada. Dan saya sendiri sebagai orang bipolar merasa lebih normal setelah minum obat. Selama ini saya hidup hanya dalam mimpi.. Setelah minum obat jadi realistis dan merasa seperti orang lain pada umumnya. Kita tak pernah tahu bagaimana rasanya jadi orang normal sebenarnya karena pada dasarnya kita berbeda..

http://curhatkita.blogspot.com/2010/12/2-pertanyaan-tentang-bipolar-yang-belum.html

Semoga jawaban gw membantu. Sekalian liat-liat juga bloh curhatkita.blogsport itu yang punya blognya juga dulu penderita bipolar. : )