by Vindy Ariella. Diberdayakan oleh Blogger.

Stigma dan Hal Lain Tentang Bipolar serta Skizofrenia

Stigma

Tak perlu dijelaskan lagi, sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap orang dengan masalah  kejiwaan ( ODMK ) itu buruk. Dibilang nggak kuat agama lah, mentalnya jelek lah, dan banyak lainnya. Padahal ini semua salah. Alasannya, penyebab gangguan jiwa itu kompleks. Tidak hanya karena kurang  iman atau nggak kuat mental. Wong psikiater aja sampai sekarang masih melakukan penelitian. Lalu kenapa orang bisa begitu mudahnya menganggap odmk itu ber-image buruk ?

Mungkin pengetahuan mereka minim akan hal ini. Lalu bagaimana mengatasinya ? Mulai dari diri kita sendiri. Jangan merasa minder dengan gangguan jiwa yang anda miliki. Tak perlu memberi tahu orang-orang gangguan apa yang anda miliki jika anda merasa tidak nyaman, yang penting anda peduli akan hal ini dan mulai menyebarkan informasi. Kalahkan stigma itu.. Bersama pasti bisa. Ya nggak ?

Lalu bagaimana dengan mereka yang menjadi korban stigma masyarakat selama ini ? Tak usah berkecil hati. Mereka yang mencaci anda kan tidak merasakan apa yang anda rasa., bagaimana anda melewati hari-hari anda. Anda adalah seorang pemenang. Paling tidak pemenang atas diri anda sendiri. Buktinya anda bisa melewati detik demi detik dan tetap bertahan. Tetaplah bersabar.. Karena pertolongan Tuhan akan datang bersama kesabaran. Setelah kesulitan akan ada kemudahan. Tuhan tidak memberi cobaan pada umatnya diluar kemampuannya.

Jadikan stigma salah masyarakat itu penyemangat anda. Buktikan bahwa anda bisa menjalankan hidup normal seperti orang lain. Contohnya saya, saya seorang calon dokter. Kalau dipikir, mana ada sih orang yang mau berobat dengan dokter yang sakit jiwa ? Tapi hal itu menjadi penyemangat saya disaat down, "Saya akan menjadi dokter sukses dan membuktikan bahwa penderita bipolar bisa jadi orang sukses.." Kalimat itu saya ucapkan berkali-kali setiap ingin berangkat kuliah. Dengan begitu, diharapkan secara tidak sadar kalimat itu merekam ucapan saya dan menjadikannya sebuah dorongan semangat. Tentunya saya bisa berkata seperti itu dengan dukungan dari teman-teman sesama penderita. Jadi, cari dukungan, buatlah kalimat yang positif tentang impian anda dan berusahalah untuk mencapainya. Jangan mau dimakan oleh stigma masyarakat yang jelas-jelas salah.

Apa sebenernya Bipolar itu ? Apa bedanya dengan Skizofrenia ?

Sebelumnya, saya jelaskan dulu, sumber yang saya ambil disini adalah panduan diagnosis dari PPDGJ-III dan DSM IV. Kalau mau tahu apa itu cari aja sendiri di google, dijamin pusing bacanya. Hehe. *kidding* Lalu, saya akan memaparkan perbedaan antara Bipolar dan Skizofrenia secara singkat dan yang saya tulis disini hanya yang menurut saya penting. Jangan jadikan tulisan saya ini sebagai pedoman diagnosis. Setuju ? Mari kita mulai..

Dalam PPDGJ-III, Bipolar masuk kedalam kategori "Gangguan Suasana Perasaan ( Mood [ Afektif ] )" Dalam DSM-IV, Bipolar masuk kedalam kategori "Gangguan Mood".

Sedangkan Skizofrenia, dalam PPDGJ-III masuk kedalam kategori "Skizofrenia, Gangguan Skizotipikal dan Gangguan Waham".Dalam DSM-IV masuk kedalam kategori "Skizofrenia dan Gangguan Psikotik Lain".

Persamaan antara Bipolar dan Skizofrenia, dalam PPDGJ-III adalah, keduanya masuk ke dalam kategori "Gangguan Mental Psikotik".

Definisi Bipolar adalah gangguan jiwa yang bersifat episodik dan ditandai oleh gejala-gejala manik, hipomanik, depresi, dan campuran, biasanya rekuren serta dapat berlangsung seumur hidup.

Definisi Skizofrenia adalah gangguan alam pikir, perasaan dan perilaku yang mencolok sampai yang tersamar. Berasal dari kata "Scheizen" yang berarti pecah, dan "Phren" yang berarti jiwa.

Gejala Bipolar adalah perubahan mood secara ekstrem dari manik ( keadaan mood yang meninggi ) ke depresi ( keadaan mood yang menurun ). Kapan seseorang disebut manik atau depresi sudah saya jelaskan sebelumya pada post berjudul "Gangguan Mood Bipolar".

Gejala Skizofrenia terdiri dari gejala positif ( delusi atau waham, halusinasi, kekacauan alam pikir, gaduh, gelisah, tidak dapat diam, mondar-mandir, agresif, dll. ) dan gejala negatif ( alam perasaannya tumpul dan datar, menarik diri dari lingkungan, kontak empsional yang miskin, sukar diajak bicara, dan pendiam, pasif, apatis, sulit dalam berpikir abstrak, pola pikir stereotipe, tidak ada dorongan kehendak, keinginan, tidak mau berupaya, kehilangan nafsu ).

Persamaan antara Bipolar dan Skizofrenia berdasarkan penelitian, sama-sama bersifat genetik, adanya gangguan zat kimia pada otak, dan ada stressor psikososial.

Persamaan antara Bipolar dan Skizofrenia, sama-sama harus didiagnosis oleh psikiater sehingga dapat diberikan terapi yang tepat.

Obat yang biasa diberikan pada penderita Bipolar adalah Mood Stabilizer ( Litium, Valproat, Lamotrigine ) dan Antipsikotik Atipikal ( Risperidone, Olanzapine, Quetiapin, Aripirazole ). Selain itu dapat diberikan anti depresan jika dibutuhkan.

Obat yang biasa diberikan pada penderita Skizofrenia adalah Antipsikotik baik yang tipikal dan atipikal. Perbedaannya, pada Antipsikotik Atipikal, gejala positif dan negatif dapat dihilangkan, memulihkan fungsi kognitif, dan mengurangi gejala ekstra-piramidal ( kedua tangan gemetar, kaku saat berjalan, otot leher tegang, dll ).

Persamaan antara Bipolar dan Skizofrenia adalah obat-obatannya harus sepengetahuan dokter / psikiater. Sama-sama harus diminum secara rutin sesuai petunjuk dokter / psikiater. Dan mungkin akan tetap minum obat walaupun sudah sembuh untuk mencegah kekambuhan. Walau begitu, fakta membuktikan bahwa ada penderita Bipolar dan Skizofrenia yang stabil dan tidak kambuh tanpa obat-obatan.

Persamaan antara Bipolar dan Skizofrenia, proses penyembuhan keduanya tidak hanya dengan obat. Tapi pengobatan holistik atau menyeluruh yang mencakup obat-obatan, psikoterapi, psikososial, dan psikoreligius.

Intinya ?

Mmmm, apa ya intinya ? Jadi bingung sendiri. Pokoknya para ODMK, apapun nama penyakitnya, jangan menyerah ! Mari kita rubah stigma negatif menjadi positif bersama-sama, tunjukan bahwa kita juga bisa melakukan kegiatan layaknya orang normal. Oke ? Kalau ada pertanyaan silakan ajukan di komen. Dan CMIIW ya.. : )