by Vindy Ariella. Diberdayakan oleh Blogger.

I'm an INFJ !

Ada yang pernah denger tes kepribadian MBTI ? Berdasarkan hasil googling gw ( yang semoga valid ) tes ini adalah salah satu jenis tes kepribadian yang bisa disebut akurat dan sering dipakai perusahan-perusahaan besar di luar negeri untuk seleksi penerimaan karyawannya. Berdasarkan pengalaman gw dan juga beberapa teman yang berbagi hasil tes mereka, semuanya mengatakan hasilnya akurat dan dia banget. Gw juga sangat mendapat pencerahan setelah membaca deskripsi hasil tes kepribadian ini. 


Tes ini membagi kepribadian menjadi 16 tipe. Berdasarkan kombinasi dari 4 poin yang dinilai, seperti yang tertera dalam gambar dibawah ini..



Nah, berdasarkan tes ini, hasil gw adalah INFJ. Katanya tipe ini adalah yang paling langka diantara 16 tipe yang ada. Dan deskripsinya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang selama ini muter-muter di kepala gw. Ini penggalan dari berbagai artikel deskripsi INFJ yang menurut gw pas sekali dengan gw..

- Perhatian, empati, sensitif & berkomitmen terhadap sebuah hubungan.
- Idealis, perfeksionis, memegang teguh prinsip.
- Visioner, penuh ide, kreatif, suka merenung dan inspiring.
- Biasanya diikuti dan dihormati karena kejelasan visi serta dedikasi pada hal-hal baik.


Mereka mencari makna dalam hubungan, ide, dan peristiwa, dengan mampu memahami dirinya dan orang lain. Mereka mampu menggunakan keterampilan intuitif mereka, mereka mengembangkan visi yang jelas dan percaya diri, bertujuan untuk memperbaiki kehidupan orang lain. INFJ yang sangat tertarik pada kesejahteraan orang lain. INFJ memiliki kehidupan, kaya batin yang hidup, yang mereka mungkin enggan untuk berbagi dengan orang di sekitar mereka. INFJ cenderung sensitif, pemimpin yang tenang dengan kedalaman kepribadian. Mereka adalah rumit dan sangat misterius, dan sangat kompleks, kadang-kadang membingungkan, bahkan untuk diri mereka sendiri. Mereka memiliki pandangan yang teratur terhadap dunia. Abstrak dalam berkomunikasi, mereka hidup di dunia makna tersembunyi dan kemungkinan. Dengan hubungan alamiah untuk seni, INFJ cenderung kreatif dan mudah terinspirasi. Namun mereka juga dapat melakukannya dengan baik dalam ilmu, dibantu oleh intuisi mereka. Kata kunci: Imajinasi, tujuan, kreativitas, terorganisir, mengembangkan orang lain. 


Ya kira-kira gitu deh. Sekarang gw ngerti kenapa gw selalu berada di posisi sebagai "jembatan penengah", memikirkan segala hal terlalu dalam ( termasuk tentang diri sendiri ) sampai pusing, memiliki feeling yang seringkali tepat, perfeksionis, dan memiliki imajinasi + kreativitas yang liar.

Masih banyak sih artikelnya. Gw bacanya sampai bengong-bengong karena so true. Seperti yang gw katakan. Ini sangat membantu gw. Gw tes ini udah beberapa kali di waktu yang berbeda, baik yang dalam bahasa inggris dan indonesia. Hasilnya sama. Haha. Well, yang belum pernah coba, cobain deh.. Semoga juga dapet pencerahan. Ini linknya..


Selamat mencoba !